Akuaponik : Solusi yang Menguntungkan Bagi Tanaman dan Ikan


(Sumber: IDN Times)

What is the problem?

    Indonesia memiliki potensi yang besar dari topografi alam yang bervariasi, seperti waduk, telaga, sungai dan rawa. Potensi yang tersedia ini belum termanfaatkan secara optimal, terutama untuk kegiatan budidaya. Secara umum, dari tahun ke tahun terjadi fluktuasi produksi perikanan air tawar. Secara umum permasalahan di bidang budidaya ikan yakni:

  1.  Terjadinya kompetisi terhadap area luasan budidaya serta penggunaan sumberdaya air.
  2. Terdapatnya penurunan debit air serta penurunan kualitas lingkungan akibat aktivitas rumah tangga, industri maupun pertanian, menyebabkan penurunan daya dukung lingkungan budidaya perikanan air tawar.
  3. Belum optimalnya pemanfaatan air kolam untuk memproduksi biota perairan lainnya yang memiliki nilai ekonomi.
  4. Belum dilaksanakannya paket teknologi yang mampu mengoptimalkan peran perairan kolam budidaya ikan untuk meningkatkan kapasitas produksi kolam.Terdapatnya kecenderungan menurunnya kapasitas perekonomian masyarakat pembudidaya ikan (Nugroho et al., 2012).
(Sumber: nkripost)

What's the solution?

    Aplikasi akuaponik dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan – permasalahan tersebut. Apa sih, akuaponik itu? Teknologi akuaponik merupakan gabungan teknologi akuakultur dengan teknologi hidroponik dalam satu sistem untuk mengoptimalkan fungsi air dan ruang sebagai media pemeliharaan (Nugroho et al., 2012). Menurut Pudjiastuti (2015), sumber air dari perairan umum dapat meningkatkan resiko terbawanya patogen ke dalam kolam budidaya dan dapat menyebabkan fluktuasi suhu air yang terlalu cepat, sehingga dapat mengakibatkan ikan menjadi stress. Penggunaan sistem budidaya akuaponik dapat memperbaiki kualitas air yang buruk dan dapat memanfaatkan limbah pakan. 

    Menurut Somerville et al. (2014), dengan mempertahankan kualitas air yang baik, ikan yang dibudidayakan dapat lebih tahan terhadap parasit dan penyakit lainnya dengan memanfaatkan imun tubuhnya. Berdasarkan penelitian Wijaya (2018), terdapat pengaruh perlakuan sistem akuaponik Ikan Nila, Ikan Lele dan Ikan Pelangi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada umur 35 hari setelah tanam ke arah yang positif. Maka, dapat disimpulkan bahwa akuaponik merupakan solusi yang tepat dalam mengembangkan potensi budidaya ikan sekaligus tanaman. Air kolam ikan dipakai untuk menyiram tanaman di atasnya, dan air kolam tersebut mengandung unsur hara dari kotoran ikan, sehingga dapat digunakan sebagai pupuk organik dari  tanaman. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk memulai budidaya dengan sistem akuaponik! Tunggu informasi lebih lanjut di postingan selanjutnya, ya!😄




Daftar Pustaka:

IDN Times. 2019. 5 Fakta Seputar Akuaponik, Budi Daya Tanaman dan Ikan Sekaligus!. Diakses dari https://www.idntimes.com/science/experiment/rivandi-pranandita-putra/fakta-akuaponik-budi-daya-tanaman-dan-ikan-sekaligus-c1c2/1 pada 2 Juli 2020.

NKRI Post. 2013. Sistem Akuaponik dan Pupuk Kompos Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman dan Ikan. Diakses dari https://nkripost.com/sistem-akuaponik-dan-pupuk-kompos-mampu-meningkatkan-pertumbuhan-tanaman-dan-ikan/ pada 2 Juli 2020.

Nugroho, A., L.T. Pambudi, D. Chilmawati dan A. H. C. Haditomo. 2012. Aplikasi Teknologi Aquaponic pada Budidaya Ikan Air Tawar untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi. Jurnal Saintek Perikanan.8(1): 46-51.

Pudjiastuti, N., 2015. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit pada Ikan Konsumsi di Balai Benih Ikan Siwarak. Skripsi.Jurusan Biologi FMIPA. Universitas Negeri Semarang. Semarang

Somerville, C., M. Cohen, E. Pantanella, A. Stankus and A. Lovatelli. 2014. Small Scale Aquaponic Food Production. Rome: FAO.

Wijaya, R. (2018). Hasil Dan Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Dalam Sistem Akuaponik Ikan Nila, Ikan Lele Dan Ikan Pelangi. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 10(3), 14-22.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI PEMASARAN STP PADA PRODUK BUDIDAYA AKUAPONIK

Model Akuaponik: Apa Saja Bahan dan Peralatan Model Akuaponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique)?

Fakta Menarik Tentang Akuaponik yang Harus Kalian Ketahui